Cara Defrag Windows 7

Saravahsoul –┬áTahukah Anda bahwa defragmentasi biasa sangat berguna untuk memelihara disk komputer atau laptop Anda? Jika Anda pengguna Windows 7, Anda beruntung karena cara mendefrag Windows 7 cukup sederhana.

Defragmentasi sering dilakukan jika performa laptop atau komputer sudah mulai melambat dan menurun. Masalah ini terjadi karena disk berisi banyak file terpisah dan tidak teratur.

File-file ini biasanya datang dalam bentuk fragmen atau bisa disebut sebagai fragmen yang muncul karena Anda menginstal program, menghapusnya, atau memodifikasinya untuk menghasilkan file di hard drive komputer.

Sekarang, ketika file dipisahkan dan didistribusikan di hard drive, kinerja komputer menurun. Namun hal tersebut dapat Anda atasi dengan melakukan defragmentasi agar file dapat tertata dengan lebih sederhana.

Untungnya bagi pengguna Windows 7, mereka dapat melakukan defragmentasi secara langsung melalui fitur-fitur yang disediakan oleh Windows 7. Anda bahkan dapat mengkonfigurasi fitur defragmentasi agar berjalan secara otomatis dan teratur dengan membuat jadwal.

Cara mendefrag Windows 7

Mendefragmentasi komputer atau laptop Windows 7 adalah tugas yang sangat sederhana. Alasannya adalah Anda hanya perlu mengakses fungsinya dalam beberapa langkah.

Berikut cara mendefrag Windows 7 dengan mudah:

  1. Klik pada logo Windows di sudut bawah layar.
  2. Ketik “Disk Defragmenter” di kolom pencarian.
  3. Selanjutnya, jendela Disk Defragmenter muncul.
  4. Pilih disk yang akan didefragmentasi.
  5. Kemudian klik tombol Defragment disk untuk memulainya.
  6. Yang harus Anda lakukan adalah menunggu prosesnya selesai.

Setelah proses defragmentasi disk selesai, Anda akan berhasil mendefragmentasi disk yang dipilih. Anda juga dapat memilih beberapa disk untuk didefragmentasi secara bergantian.

Cara mendefrag disk Windows 7

Sebenarnya, ada juga cara untuk mendefrag disk di Windows 7 yang lebih mudah dan cepat. Karena Anda hanya perlu pergi ke file explorer dan menentukan disk yang akan didefrag.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama buka File Explorer di PC atau Laptop Anda.
  2. Arahkan ke folder My Computer untuk melihat drive.
  3. Klik kanan pada disk yang akan didefragmentasi.
  4. Kemudian pilih opsi Properties.
  5. Buka tab menu Alat> kemudian klik Defragmentasi sekarang.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendefrag disk di Windows 7 tergantung dari ukuran dan kondisi disk, sangat mudah bukan?

Merencanakan defragmentasi di Windows 7

Ya, ini sangat tergantung pada fitur defragmentasi Windows 7 karena disk yang digunakannya sangat terbatas. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan fitur jadwal defragmentasi agar dapat berjalan secara otomatis.

Cara mendefrag disk Windows 7 secara otomatis:

  1. Klik logo Windows, lalu ketik “Disk Defragmenter” di kolom.
  2. Setelah itu, jendela Disk Defragmenter akan muncul.
  3. Kemudian klik tombol Konfigurasi jadwal.
  4. Pilih kotak centang Jalankan seperti yang diharapkan.
  5. Atur jadwal defragmentasi dalam pilihan frekuensi, hari dan waktu.
  6. Di bagian Disk, centang disk yang ingin Anda defragment.
  7. Langkah terakhir, klik tombol OK.
  8. Selesai.

Pastikan Anda mengkonfigurasi jadwal defragmentasi dengan benar dan benar. Alasannya adalah disarankan untuk melakukan defragment harddisk saat komputer Windows 7 sedang tidak digunakan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Ada cara yang efektif dan benar untuk mendefrag disk di Windows 7. Apa cara yang paling efisien untuk Anda? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah dan jangan lupa share artikel ini jika informasi yang telah dibagikan membantu Anda.