Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Saravahsoul –¬†Yang perlu Anda ingat adalah kalibrasi baterai ini tidak akan meningkatkan kinerja baterai, ini hanya membantu sistem membaca status baterai dengan lebih akurat sekali lagi. Berikut tiga cara mudah untuk mengkalibrasi baterai pada laptop Windows 10 dari Mabtekno.com.

1. Menggunakan manual

  1. Buka Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Opsi Daya, lalu pilih menu “Alihkan saat komputer dalam keadaan siaga”.
  2. Di opsi “Alihkan komputer ke mode tidur”, setel durasinya ke “tidak pernah”.
  3. Kemudian klik “Ubah pengaturan daya lanjutan”.
  4. Pada tab baru yang terbuka, scroll ke bawah dengan mouse dan cari menu ‘Battery’, perluas dengan menekan simbol ‘+’, kemudian luaskan juga bagian ‘Critical Battery Action’ dan pilih parameter “Hibernation”. “.
  5. Kemudian perluas bagian “Tingkat baterai kritis” dan klik bagian “Baterai”. Kemudian atur persentasenya ke nilai yang rendah: 1% hingga 5%.
  6. Kemudian klik Apply> OK> Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Jika pengaturan daya laptop telah disesuaikan dengan langkah-langkah di atas, Anda sekarang siap untuk mengkalibrasi baterai laptop secara manual. Berikut langkah-langkahnya.

Isi daya baterai laptop hingga 100% dan biarkan pengisi daya terhubung ke laptop setelah baterai terisi penuh selama beberapa menit hingga beberapa jam (untuk mendinginkan).

Cabut charger dari laptop dan biarkan laptop terkuras dengan sendirinya. Setelah baterai benar-benar habis, laptop akan masuk ke mode hibernasi atau mati sepenuhnya.

Kemudian isi ulang baterai laptop hingga benar-benar penuh. Disarankan agar Anda tidak menggunakan laptop saat mengisi daya.
Setelah baterai laptop terisi penuh, proses kalibrasi manual selesai. Sekarang laptop Anda seharusnya dapat membaca status baterai normal kembali.

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda dapat menggunakan metode kedua yaitu menggunakan BIOS. Ingatlah untuk memulihkan pengaturan daya normal.

2. Menggunakan BIOS

Berikut cara mengkalibrasi baterai pada laptop Windows 10 dengan BIOS.

  1. Matikan laptop Anda lalu hidupkan kembali.
  2. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2 (setiap laptop mungkin berbeda, jadi lakukan penelitian Anda terlebih dahulu). Tekan tombol segera setelah laptop Anda restart.
  3. Jika Anda masuk ke menu BIOS, pilih menu “Power” dengan tombol kursor keyboard.
  4. Kemudian pilih menu “Mulai Kalibrasi Baterai” dan tekan Enter.
  5. Ikuti petunjuk di layar dan isi daya baterai laptop hingga 100% penuh. Setelah terisi penuh, lepaskan pengisi daya.
  6. Kemudian biarkan baterai laptop terkuras hingga mati secara otomatis.
  7. Kemudian isi ulang baterai laptop Anda dan jangan memulai sistem saat sedang mengisi ulang.
  8. Setelah baterai terisi penuh hingga 100%, proses kalibrasi selesai. Kemudian Anda dapat mencabut pengisi daya dan memulai ulang sistem portabel.

Metode kedua juga tidak berhasil? Anda selalu dapat menggunakan metode ketiga menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

3. Penggunaan perangkat lunak pihak ketiga

Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk mengkalibrasi baterai laptop yang kompatibel dengan Windows 10. Jika langkah-langkah di atas masih tidak berhasil, ada baiknya menggunakan bantuan software ini. Berikut software kalibrasi baterai laptop khusus Windows 10 yang bisa Anda gunakan.

4. Perawatan baterai

BatteryCare adalah perangkat lunak kalibrasi baterai populer lainnya yang kompatibel dengan laptop Windows. BatteryCare dapat digunakan untuk mempercepat proses pemakaian baterai laptop, yang membuat kalibrasi menjadi lebih mudah. Tidak hanya Windows 10, software ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows 8/1/8/7 / Vista / XP.

Nah berikut ini beberapa cara kalibrasi baterai laptop yang bisa dengan mudah Anda coba lakukan. Jika hasil menunjukkan baterai laptop Anda hampir habis, menggantinya dengan yang baru mungkin bisa menjadi solusi terbaik jika Anda sering bekerja di luar ruangan dengan laptop Anda.