Ciri Ciri Kain Bahan Katun Dan Jenisnya

Saravahsoul –┬áKain katun adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari serat kapas. Kain jenis ini banyak digunakan untuk jenis pakaian ini. Jenis kain katun ini banyak diminati di masyarakat. Serat yang digunakan di sini untuk produksi kain katun adalah serat alami, memiliki sifat Hypo Allergenic, dan tidak mengandung bahan kimia. Kain katun memiliki serat yang berlubang, sehingga saat digunakan sebagai pakaian, kulit akan mudah bernapas. Zat jenis ini sangat cocok digunakan di iklim tropis termasuk Indonesia. hal ini dikarenakan kain jenis ini memiliki daya serap air yang sangat tinggi dan daya serap keringat yang sangat baik.

Ciri Ciri Kain Katun

Kain katun memiliki ciri dan ciri tersendiri. Sifat ini membedakan jenis zat ini dari yang lain. Berikut beberapa ciri dari kain katun.

1. Mudah Menyerap Keringat

Ciri khas kain katun adalah mudah menyerap keringat dan air. Hal ini dikarenakan terdapat rongga pada zat ini yang memungkinkan kulit untuk bernapas dengan sangat mudah sehingga keringat tubuh terserap dengan baik.

2. Teksturnya Halus Dan Lembut

Tekstur kapas dikenal sangat lembut dan halus. Hal ini memungkinkan pengguna merasa nyaman sepanjang hari sehingga tidak mudah iritasi dan sejenisnya.

3. Bahannya Tidak Kasar

Bahannya tidak terlalu kasar, sangat cocok digunakan di area panas. Meski panas tetap dingin karena bahannya tidak kasar dan kemampuannya menyerap keringat.

4. Adem Saat Digunakan

Diketahui juga bahwa kain katun dingin digunakan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang menggunakan zat jenis ini.

5. Memiliki Bahan Yang Ringan

Bahan yang dimiliki kain katun jenis ini sangat ringan dan ringan. Hal ini dikarenakan modelnya yang tidak terlalu kasar. Untuk digunakan untuk berbagai acara, itu akan tetap cocok.

6. Kuat Dan Tidak Mudah Sobek

Kain katun memiliki jenis kain yang sangat kuat dan tidak mudah robek. Selain itu, juga cenderung tidak luntur atau mudah berubah warna. Ini akan tetap tahan lama bahkan setelah digunakan bertahun-tahun.

Jenis-Jenis Kain Katun Berdasarkan Bahannya

Perlu diketahui bahwa kain katun memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah jersey futsal printing perbedaan bahan yang digunakan. Jenis ini terbagi menjadi beberapa jenis zat, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Katun Umum

Jenis kapas yang pertama adalah kapas polos. Kain ini memiliki tekstur yang agak kaku dan sedikit tipis. Daya serapnya juga relatif ringan. Dan harganya juga lebih murah dibanding sample.

2. Katun Jepang

Katun jepang terbuat dari 100% bahan combed original. Kain jenis ini memiliki tekstur yang sangat halus dan daya serap yang sangat tinggi. Dengan kualitas terbaiknya, jenis kain ini relatif lebih mahal dibandingkan jenis kapas lainnya.

Kain katun Jepang ini tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya. Satu-satunya yang membedakannya dari yang lain adalah penampilannya dengan corak dan motif yang lengkap. Selain itu, jenis kapas ini juga ringan. Namun, ada yang mengklaim bahwa jenis katun jepang ini lebih halus dibandingkan dengan kapas biasa

3. Katun Paris

Jenis kain katun lainnya adalah katun Paris. Jenis zat ini terbagi menjadi dua jenis. Perama adalah jenis kapas Paris biasa dan yang lainnya berpola. Kain katun biasa hampir mirip dengan katun biasa. Namun tipe ini lebih transparan dan lebih tipis. Soal harga, kapas Paris biasa relatif lebih murah dibanding kapas biasa.

Sedangkan untuk jenis Cotton Paris, motifnya mirip dengan bahan katun Jepang. Namun, untuk katun Paris, motif ini relatif lebih tipis dibandingkan dengan katun Jepang. Agar lebih terjangkau dari segi harga.

4. Cotton Slic Sutra

Cotton Slic Sutra adalah jenis kain katun yang terbuat dari kokon benang sutera asli yang dipadukan dengan kain katun asli. Kain jenis ini memiliki bahan yang ringan dengan tekstur yang sangat halus dan nyaman. Selain itu juga relatif kuat dan tidak mudah rusak. Kain jenis ini banyak digunakan untuk membuat gaun atau rok

5. Katun Bangkok

Ini adalah jenis kapas yang berasal dari Bangkok. Kain jenis ini memiliki tekstur yang agak kasar. Dibandingkan dengan jenis katun biasa, kain ini memiliki ukuran yang lebih tipis. Faktanya, beberapa jenis kapas Bangkok bersifat dreamy dan transparan. Jenis kain ini biasa digunakan pada kemeja, blus dan sejenisnya.

6. Kapas Rayon

Jenis kain katun lainnya adalah kapas Rayon. Jenis kain ini berbeda dengan Katun Bangkok yang dijelaskan di atas. Ini memiliki struktur yang agak licin dan mudah menurun karena bobotnya yang rendah. Dalam pemakaiannya, kain jenis ini lebih dingin dan mudah menyerap keringat. Namun kekurangan dari jenis kapas ini adalah lebih mudah kusut

7. Katun China

Lalu ada kapas China, yaitu jenis kapas yang menggunakan kapas kepar. Jenis kain ini sebenarnya hampir sama dengan katun Jepang. Namun, jenis kapas ini biasanya lebih tipis dan warnanya kurang pekat. Banyak orang yang memproduksi bahan katun ini sebagai sprei.

8. Minyak Kapas

Jenis zat ini masih belum diketahui. Faktanya, tidak jauh berbeda dengan jenis kapas lainnya. Namun, permukaan kain jenis ini tampak lebih berminyak. Mirip dengan sutra katun, tetapi tidak dengan kilau yang sama. Selain daya serapnya yang tinggi, kilau kain ini berangsur-angsur menghilang setelah beberapa kali pencucian