Cara Mengubah Pigmen Kulit Hitam Menjadi Putih

Saravahsoul –¬†Kemampuan mengubah pigmen hitam menjadi putih mungkin diperlukan bagi sebagian orang yang ingin mencerahkan kulitnya. Pigmen kulit hitam, atau melanin, adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata. Orang dengan kulit gelap memiliki tingkat melanin yang lebih tinggi dibandingkan orang berkulit terang. Sayangnya, ketika mereka memiliki kulit gelap, beberapa orang merasa kurang aman dan mencoba berbagai cara untuk mencerahkan kulit mereka.

Bagaimana cara mengubah pigmen hitam yang aman menjadi putih

Ada berbagai jenis krim wajah yang dirancang untuk mencerahkan kulit, yaitu:

1.Asam kojinat

Salah satu bahan krim wajah yang ingin mencerahkan kulit adalah kojic acid. Asam Kojic adalah zat pencerah kulit yang memblokir asam amino, sejenis tirosinase yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin. Asam Kojic telah terbukti efektif dalam mencerahkan kulit bila digunakan dalam konsentrasi kurang dari 1%. Namun, asam kojic bisa menimbulkan efek samping, seperti dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah dan gatal setelah terpapar alergen tertentu. Selain itu, penggunaan kojic acid dalam jangka waktu lama dapat membuat kulit rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

2. Retinoid

Retinoid adalah krim wajah yang ditujukan untuk mencerahkan kulit berikut ini. Retinoid merupakan senyawa kimia yang berasal dari vitamin A yang berfungsi untuk menghambat enzim tirosinase sehingga dapat mencerahkan kulit. Fungsi retinoid adalah membantu meregenerasi sel kulit sekaligus menyebarkan pigmen melanin yang tersisa secara merata pada kulit. Namun, sel-sel baru yang sedang tumbuh membutuhkan perlindungan tabir surya. Jadi pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan SPF jika rutin menggunakan retinoid.

3. Asam Azelaic

Asam azelaic juga merupakan bahan aktif dalam krim wajah, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Bahan aktif ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah kulit akibat pigmentasi atau kelebihan pigmen melanin akibat bekas jerawat. Asam azelaic bekerja dengan cara menghambat pembentukan sel melanin. Selain itu, dapat menyebabkan pergantian sel-sel mati, yang mengurangi timbulnya bekas jerawat yang parah.

4. Hidrokuinon

Hydroquinone adalah bahan aktif dalam produk pencerah wajah yang umum digunakan. Hydroquinone dapat menjadi cara untuk memutihkan kulit dengan mengurangi jumlah melanosit yang ada. Dalam kasus hiperpigmentasi, jumlah pigmen melanin yang diproduksi oleh melanosit meningkat. Namun penggunaan hydroquinone bisa membuat kulit kering dan teriritasi. Efek samping ini lebih mungkin dialami oleh orang-orang dengan kulit kering dan sensitif.

Bagaimana mengubah pigmen kulit hitam menjadi putih secara alami

Selain menggunakan krim wajah, Anda juga bisa melakukannya untuk membuat kulit Anda lebih alami dengan menggunakan bahan-bahan di rumah.

Namun perlu diperhatikan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan untuk mencerahkan kulit. Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara membuat kulit lebih natural, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter untuk mengetahui cocok atau tidaknya. Bisa juga menggunakan jam kesehatan dr laser,  info harga dr laser bisa dilihat di internet.

Berikut beberapa cara untuk mengubah pigmen kulit hitam menjadi putih secara alami:

1. Kunyit

Cara mengubah pigmen hitam menjadi putih adalah hal yang wajar. Kurkumin dalam kunyit dapat menghambat produksi melanin. Salah satu cara untuk mengubah pigmen kulit hitam menjadi putih secara alami adalah dengan kunyit. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam penelitian Phytotherapy menemukan bahwa kunyit mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi pembentukan melanin. Senyawa aktif yang disebut kurkumin bekerja dengan cara menghambat tirosinase. Akibatnya, kemampuan melanosit untuk membuat lebih banyak melanin terganggu.

2. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dikatakan dapat mengurangi produksi melanin. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Clinical and Experimental Dermatology mengungkapkan bahwa manfaat lidah buaya bagi kulit tidak terlepas dari kandungan aloesin, senyawa kimia yang dapat menghambat tirosinase. Namun, cara mengubah pigmen hitam dengan lidah buaya menjadi putih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.

3. Air lemon

Cara mengganti pigmen hitam menjadi putih adalah dengan air jeruk nipis. Lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah pembentukan melanin. Air lemon juga bisa mengurangi pigmentasi kulit hitam. Sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan bahwa vitamin C dapat menghambat aktivitas tirosinase dan dengan demikian mencegah pembentukan melanin. Meski dianggap efektif sebagai anti pigmentasi, efek samping air lemon bisa merusak kulit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan dengan terlebih dahulu melarutkannya dengan air biasa untuk mengurangi kemungkinan efek samping.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa EGCG dapat mencegah pembentukan melanin. EGCG bekerja dengan cara menghambat enzim yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin.