Pengertian, Sifat, Jenis Hewan Vertebrata

Vertebrata merupakan salah satu jenis hewan dengan tulang punggung yang terbagi dalam beberapa spesies berbeda yaitu ikan, amfibi, reptilia, burung dan mamalia. Ciri-ciri vertebrata memiliki suhu tubuh yang hangat, otak yang dilindungi oleh tengkorak, respirasi menggunakan paru-paru, insang dan operkulum serta sistem saraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Berikut kami rangkum dari Sudutpintar.com

Sifat vertebrata

  • Perkembangan otak pada hewan yang diklasifikasikan menjadi vertebrata dilindungi oleh tengkorak atau tulang yang mengeras.
  • Pada vertebrata diketahui terdapat tulang pada punggung yang tersusun ke bawah yaitu tulang ekor.
  • Vertebrata memiliki suhu tubuh yang cenderung beradaptasi dengan lingkungan.
  • Vertebrata memiliki bentuk tubuh simetris bilateral
  • Sistem saraf pada vertebrata terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang sebagai saraf pusat.
  • Vertebrata memiliki kelenjar, termasuk endoksin.
  • Perkembangan sistem pernafasan pada vertebrata memiliki alat khusus, antara lain paru-paru, insang dan operkulum.
  • Hewan sudah memiliki 2 lapis kulit, yaitu lapisan epidermis luar dan endodermis bagian dalam.
  • Pada sistem pencernaan, seperti sistem ekskresi kagum dan sistem ekskresi pada reptil, juga diketahui bahwa mereka memiliki sistem pencernaan yang memanjang yang tersusun dari mulut hingga anus.
  • Kebanyakan vertebrata juga memiliki organ reproduksi yang dapat dibedakan atau dihubungkan.

Jenis vertebrata

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang rutin kita konsumsi setiap hari. Hewan ini hidup di air, tawar atau air asin, dimana jalur utama dari sistem pernafasan adalah insang yang berguna untuk menyerap oksigen di dalam air. Ikan memiliki bentuk yang ramping dengan sirip yang memudahkan untuk bergerak di dalam air. Di bagian luar tubuh terdapat sisik dan lendir. Ikan berkembang biak dengan bertelur dan pembuahan berlangsung di luar tubuh. Karena jantung hanya memiliki satu bilik, hewan ini merupakan hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya bergantung pada suhu di lingkungan.

Jenis ikan dibedakan menjadi 3 yaitu

Kelas Agatha

Ikan golongan Agnatha adalah ikan tanpa ayam. Agnatha berasal dari kata Yunani ‘a’ yang artinya tidak dan ‘gnathos’ yang artinya rahang.

Selain tidak memiliki rahang, ikan golongan Agnatha juga memiliki beberapa ciri lain antara lain hanya memiliki sirip tunggal, kerangka pada tubuhnya hanya terdiri dari tulang rawan dan jantung hanya memiliki satu bilik. Ikan golongan ini misalnya lamprey (Petromyzon sp).

Kelas Condrichthyeas

Condrichthyes berasal dari kata Yunani “Condros” yang artinya tulang rawan sedangkan “ichthyes” artinya ikan. Dari kata-kata tersebut terlihat bahwa ikan golongan ini memiliki tulang rawan, mulut, lubang hidung berbentuk perut, lima atau lebih lekukan tenggorokan dan jantung dengan satu ventrikel. Contoh ikan jenis ini antara lain hiu dan pari.

Kelas Osteichthyes

Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani “osteon” yang berarti tulang dan “ichthyes” yang berarti ikan. Ciri-ciri ikan golongan ini antara lain memiliki tulang yang keras, mulut, lubang hidung bagian perut, jantung memiliki satu bilik dan rongga tenggorokan tertutup sehingga tidak dapat dilihat dari luar. Misalnya ikan lele dan gurami.

Amfibi

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di darat dan di air, misalnya katak. Katak memiliki mulut, paru-paru, dan ikan trout yang tidak bersisik dan tertutup lendir. Jantung katak hanya memiliki satu bilik, katak berkembang biak dengan bertelur dengan proses pembuahan di luar. Telur katak memiliki cangkang yang tipis, sehingga bertelur di tempat yang basah atau di air saat bertelur.

Telur katak yang menetas menghasilkan ikan kodok yang masih bernapas pada usia ini dengan menggunakan insangnya. Saat sudah dewasa, katak akan hidup di darat dan bernapas menggunakan insangnya. Jika berukuran besar, katak akan hidup di darat dan bernapas menggunakan paru-parunya. Jika kulitnya mengering, katak akan mencari air untuk membasahi kulitnya.

Burung

Burung adalah hewan yang hidup di darat, tubuhnya ditutupi bulu, memiliki sayap yang berguna untuk terbang dan mengatur suhu tubuh serta dapat berjalan dengan kedua kakinya. Birdheart memiliki empat kamar sempurna dengan dua beranda dan dua kamar

Hewan menyusui

Mamalia berasal dari bahasa Latin “mammae” yang berarti payudara. Mamalia memiliki dada dan beberapa spesies ada di darat dan di air. Mamalia memiliki kulit dan rambut halus yang di dalamnya terdapat banyak kelenjar susu, kelenjar keringat dan sebagainya. Contoh mamalia termasuk paus, kuda, sapi, lumba-lumba, babi, kucing, dll.