Razer Phone 2

Saravahsoul –┬áSetelah merilis Razer Phone beberapa tahun lalu, Razer langsung merilis Razer Phone 2 dalam waktu yang tidak lama lagi. Ini mungkin karena Razer ingin menyiapkan senjata untuk melawan banyak pabrikan yang merilis ponsel game seperti Xiaomi dengan Black Shark Helo, ASUS dengan ponsel ROG-nya, dan masih ada beberapa lainnya. Jika ponsel Razer generasi sebelumnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, kini untuk ponsel gaming terbaru yang menggunakan Snapdragon 845.

Kit disk ini wajib dipasang di ponsel andalan. Pesertanya seperti ponsel ASUS ROG juga dibekali dengan Snapdragon 845. Selain itu, ponsel ini dibekali dengan RAM 8 GB yang akan membuat kinerjanya jauh lebih cepat. Razer Phone 2 ini ingin menawarkan performa gaming yang lebih menakjubkan dengan menyertakan layar IGZO IPS dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Tampaknya refresh rate di layar memang menjadi pertimbangan bagi industri game. Sekarang monitor game biasanya memiliki kecepatan refresh minimal 144 Hz, dan smartphone gaming tidak ingin ketinggalan layar dengan kecepatan refresh yang tinggi.

Desain lebih stylish. Harga? Layak

Refresh rate sangat berpengaruh saat bermain game. Semakin cepat refresh rate, semakin mulus grafiknya. Tampilan Razer Phone 2 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Smartphone dalam game ini masih memiliki tepian tipis di bagian samping yang membuat tampilan ponsel Android ini menggemaskan. Namun yang membedakannya adalah logo Razer yang dilengkapi dengan LED RGB Chroma Razer. Sepertinya Razer ingin memberi merek pada setiap produknya dengan LED RGB yang disebut Chroma. Selain itu, terdapat beberapa hal yang secara fisik berbeda pada Razer Phone 2. Kamera pada Razer Phone pertama terletak di kiri atas, sedangkan Razer Phone 2 terletak di tengah. Hal ini membuat desain ponsel Razer seri ke-2 semakin elegan dan bergaya. Dibandingkan harga ponsel ROG, ponsel ini dibandrol dengan harga yang lebih murah. Apakah kamu tertarik? Sarankan uang mulai Rp 11.249.800.

Kamera bagus, bagus untuk merekam video dan foto

Saat versi pertama muncul, kamera Razer Phone sedikit mengecewakan. Sensor Sony pada ponsel Razer pertama tidak dipasang dengan benar. Kemudian Razer mengklaim bahwa dia menyelesaikan masalah ini dengan menambahkan OIS (Optical Image Stabilization) ke lensa ganda di kamera belakang. Razer juga telah mengembangkan kemampuan merekam video. Kini Razer menawarkan perekaman video dengan resolusi 1080p dengan frame rate 120 Hz. Selain itu, hasil foto yang diambil pada saat kondisi pencahayaan bagus, hasilnya cukup memuaskan.

Kecepatan rana juga lebih cepat dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kontrasnya terlihat bagus dan realistis. Namun karena ponsel Android ini tidak terlalu mengedepankan kamera maka kamera yang disediakan pada smartphone game ini tergolong mumpuni.

Apakah ada keraguan tentang performa gamenya?

Ponsel gaming Razer ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan RAM 8 GB LPDDR4X yang mampu menghadirkan performa komputasi yang optimal. Di sini terlihat bahwa PUBG, yang memiliki versi grafis yang hampir setara dengan versi konsol dan komputer, dapat bekerja dengan baik pada pengaturan tertinggi selama permainan saat ini. Masalah dengan ponsel Razer Phone 2 ini adalah bug di perangkat lunak. Namun untungnya, masalah ini tidak terlalu sering terjadi.

Hal lain yang menarik dari Razer Phone 2 yaitu sistem pendinginnya. Di versi terbaru ini, Razer meluncurkan sistem pendingin ruang uap. Razer tidak lagi menggunakan heat pipe yang digunakan pada versi sebelumnya. Sistem pendingin ini menggunakan material grafit terbaik yang dapat mengisolasi panas dengan baik. Bahkan sesi permainan yang lama tidak akan membuat Anda khawatir.

Layar yang bagus untuk dilihat

Jika ponsel ASUS ROG sudah menggunakan layar AMOLED, kali ini Razer menggunakan layar dengan IGZO beustan Sharp di ponselnya. Layarnya juga menggunakan resolusi 1440 x 2560 dan memiliki refresh rate 120 Hz. Tingkat hitamnya tidak sebagus AMOLED, tapi layar ini masih bagus.

Penutupan

Dari segi desain, Razer Phone 2 memiliki peningkatan kemudahan. Namun ujungnya masih lancip, sehingga agak kurang nyaman saat digunakan dalam waktu lama. Untuk gaming, Anda tidak perlu meragukan performa Snapdragon 845 dan Adreno 630. Sebagai pesaing ROG Phone, ponsel gaming ini memiliki harga yang lebih murah, namun desain Razer Phone tidak segaming seperti ponsel ASUS ROG. Namun bagi Anda yang menginginkan ponsel berdesain ramping, Razer Phone 2 adalah pilihan yang tepat.

Sumber: Berita teknologi komputer